5/22/2013

Sejarah Becak Mini : Tarmidi Membuatkan Sanaji Becak Mini

Baik almarhum Sanaji atau Pak Tarmidi sangat akrab dengan saya. Pak Tarmidi merupakan sahabat akrab almarhum Sanaji dan Pak Tarmidi ketika saya kecil sudah buka bengkel las yang lokasinya di pinggir jalan raya tepatnya depan balai desa Klayan.

Tarmidi, pembuat becak mini pertama Cirebon 
Almarhum Sanaji beberapa hari sebelum meninggal sempat saya suruh beliau untuk berphoto dengan piagam penghargaan dipegang di depan dada. Sayangnya photo itu saya cari tidak ketemu. Sedangkan Pak Tarmidi sampai saat ini masih memasok rangka becak mini untuk bengkel home industri becak mini yang saya dan teman-teman kelola.

Tarmidi,"Kalau orang pada ngaku yang bikin becak kecil pertama ya ga papa, saya gak protes" 
Sambil menunggu pak Tarmidi membuat rangka becak mini, saya tanya masih ingat gak dulu pertama kali bikin becak kecil? Pak Tarmidi menjawab,"Masih, saat itu saya dapat pesanan dari orang bule untuk bikin becak kecil lalu saya buatkan dan yang melukisnya adalah Pak Talim."

"Saya ingat harga becak besar saat itu sekitar Rp. 250.000; atau Rp. 300.000 an. Almarhum Sanaji main ke rumah saya dan minta dibuatkan, lalu saya buatkan tapi tidak sampai selesai hanya rangkanya saja."

Kendar, putra pak Tarmidi 
Ketika pak Tarmidi bercerita tentang ini saya langsung menelpon anak almarhum Sanaji yaitu Sanita atau enang yang bekerja sebagai supir di bank Niaga. Saya perbesar speaker sehingga terdengar oleh Pak Tarmidi dan anaknya Kendar.

Saya tanya,"Cek... ingat ga tahun 85 sekolah kelas berapa?" Saya biasa panggil Sanita : Encek. Sanita menjawab," kelas 1 SMP".

Saya tanya lagi, "Ingat waktu almarhum membuatkan becak kecil?"

Sanita menjawab,"ya".

Saya tanya,"Ingat siapa yang membuatkan becak kecil?"

Sanita menjawab,"Mang Tarmidi".

Dan perlu diketahui juga bahwa ketika Sanita lulus sekolah, maka Sanita belajar mengelas di bengkel pak Tarmidi.

Anak-anak ngantri bermain becak mini Memen di Bekasi.

Rata-rata pembeli becak mini Memen yang tinggal di perumahan di Bekasi membeli becak mini Memen karena harganya yang murah terjangkau. Tentu saja murah karena kami adalah beberapa pengrajin home industri becak mini bersatu dalam satu wadah. Harga becak mini selalu kami update.

Home Industri Becak Mini Memen Cirebon.

Kontak Pemesanan Becak Mini Memen Cirebon.

085224494669.

Waspada! Ada pihak yang mengatasnamakan Memen dengan nomor kontak lain!!!!!







Home Industri Becak Mini Memen Cirebon,
Managemen
(Memen)

No comments:

Post a Comment